Cara Mengonlinekan SID

Dani 24 Maret 2019 12:12:14 WIB

Website merupakan salah satu hal yang manfaatnya dapat dirasa masyakat. Agar website dapat diakses oleh masyarakat umum, anda harus membuat website anda online. Cara mengonlinekan website dari localhost sangatlah mudah. kita langsung saja.  Setelah data SID yang dibeutuhkan telah dilengkapi, maka kita harus memindahkan website dari localhost ke hosting dan membeli domain. Khawatir dengan mahalnya  biaya domain dan hosting?? Tenang, kita dapat mengonlinekan website SID dengan menggunakan penyedian domain dan hosting gratis atau membeli domain dan hosting murah namun berkualitas, lalu mengupload file website tersebut di sana.

Nah, Pada panduan ini akan dijelaskan paling mudah yaitu melalui File Manager Hosting. Yuk ikuti cara upload file website ke hosting step by step!

Konfigurasi Database MySQL

Sebelum anda melakukan upload file ke website, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu konfigurasi database terlebih dahulu. Sesuaikan dengan jenis database yang anda gunakan. Di dalam cPanel, anda dapat membuat database MySQL. Apabila database MySQL telah dibuat melalui cPanel, maka lakukan impor database yang anda gunakan dalam server local atau localhost melalui phpMyAdmin. Untuk mengimpor database melalui phpMyAdmin, maka hal yang harus anda lakukan yaitu,

1. Login cPanel Hosting

2. Memilih phpMyAdmin

3. Memilih File SQL

 

Upload File Website ke Hosting

Setelah konfigurasi database maka hal perlu anda lakukan yaitu upload file website ke hosting agar website anda dapat online dan dapat diakses banyak orang. Intinya kali ini anda akan memindahkan website dari localhost ke hosting online ya! Adapun langkah- langkahnya yaitu,

1. Memilih File Manager

Kembali ke cPanel kemudian ketikkan File Manager. Kemudian klik 

2. Upload File ke Website

Arahkan ke halaman file manager. Klik pada public_html. Terdapat berbagai folder dalam public_html. Folder tersebut merupakan anak folder atau subdomain dari domain utama. Apabila anda ingin file website ini berada di domain utama maka silahkan upload tepat pada direktori public_html. Untuk mengupload file website localhost ke hosting, silahkan pilih Upload.

3. Memilih File Website

Kemudian pilih folder atau file website yang ingin anda upload. Klik Select File lalu pilih file folder yang akan diupload. Atau bisa juga anda melakukan drag and drop. Drag folder website dari lokal ke dalam halaman ini. Usahakan folder yang ingin anda upload telah berformat .zip terlebih dahulu. Tunggu hingga proses upload selesai

4. Melakukan Extract File .zip

Setelah selesai cek pada file manager anda. Kemudian ekstrak file website berformat .zip yang telah anda upload tadi. Dengan cara klik kanan pada file .zip pilih Extract.

5. Melakukan Sinkronisasi Database

Setelah semua terupload, maka hal yang harus anda lakukan yaitu mensinkronkan konfigurasi database di hosting dengan pengaturan pada website. Edit pengaturan database anda. Biasanya terletak di file  database.php.

6. Mengubah Konfigurasi Database

Kemudian sesuaikan dengan database baru yang anda buat pada step pertama tadi. Apabila lupa, maka anda dapat membuka kembali pada MySQL Databases. Sesuaikan dengan nama database, username dan password yang telah anda buat tadi.

Setelah semua step telah terselesaikan maka website anda telah siap. Cara hosting website dari localhost ke hosting sudah selesai. Silahkan akses sesuai dengan domain. Apabila website belum diarahkan secara otomatis maka hapus file default.html.

Selesai.

 

CATATAN PENTING :)

Masih kesulutan mencari PENYEDIA Terbaik untuk MENGONLINEKAN SID, silakan KLIK DISINI

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Besar II Terjun

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini